Senin, 29 Januari 2018

KEPUTRIAN #4

  • rohisannaafi Sahabat yang baik adalah sahabat yang bisa membawa kita lebih dekat dengan Allah.

    Sahabat baik itu, sahabat yang selalu ada ketika kita sedih dan membiarkan kita senang.
    Sahabat baik itu, sahabat yang saling memahami satu sama lain
    Sahabat yang baik itu tidak mudah marah
    Sahabat baik itu pengertian.

    Sahabat yang baik sahabat yang mampu menjemput kita di neraka dan membawa kita kesurga.

    Gimana sih caranya cari sahabat yang baik itu ?

    Temukan jawabannya di Keputrian #4 pada : Jumat, 26 Januari 2018 11.45-12.30 Ruang Meeting

    Bersama mbak Parsad Amalia Ul Husna kita bakalan seru-seruan bareng ๐Ÿ˜€

    So jangan sampai ketinggalan !!! Ajak teman sebanyak-banyaknya dan jangan sampai terlambat ๐Ÿ˜‰

    Akan ada live isntagram juga bagi kalian yang berhalangan hadir ๐Ÿ˜Š

    For more information cek poster dan tetap stay tune di instagram @rohisannaafi
  • Terima kasih kepada teman-teman yang sudah bersedia hadir dan cari ilmu bareng-bareng. Semoga kedepannya Keputrian Rohis An-Naafi' selalu berjalan lancar dan tetap banyak peminatnya. Sampai berjumpa kembali di Keputrian #5 ๐Ÿ’•


ADA BUS YANG LAIN

Suatu malam saat sedang hujan saya  sedang menunggu bus di sebuah halte.
Tak lama saya melihat seorang perempuan tua turun dari sebuah bus kemudian berjalan perlahan mendekati saya  dan berdiri tepat di sisi saya...

Setelah berdiam beberapa saat, saya  memberanikan diri untuk  berbicara kepadanya :

"Ibu, mau kemana ?"

"Saya ingin ke Matraman, nak" jawab nenek itu.
                  
"Loh ? Bus yang tadi ibu naiki kan menuju Matraman.
Kenapa ibu turun di sini?", tanya saya

Setelah berpikir beberapa  saat, akhirnya ibu itu menjawab:
"Nak, di bus tadi ada seorg pemuda cacat.
Tak seorang pun menawarkan tempat duduk kepadanya dan saya tahu bahwa dia akan merasa malu kalau seorang ibu tua seperti saya berdiri untuknya.

Karena itu saya ber-pura2 sudah waktunya untuk turun, agar dia dapat duduk dan tidak merasa malu.
Bagi saya kan masih bisa menunggu bus lain."

Saya terperangah mendengar jawaban seperti itu dari seorang perempuan yang sudah tua.

Berbuat baik tidaklah harus kaya tetapi tanpa pamrih & dengan ketulusan.

Berbuat baik itu tidak memandang usia, status, harta, pangkat.        

Berbuat baik itu cukup kalau bisa membuat orang lain bahagia dan hidup lebih baik.

Meskipun kita miskin harta tapi kita masih punya senyum, tenaga, pemikiran, waktu & telinga untuk berbuat dan menjadi pendengar yang baik.

SAAT nya kita harus punya rasa peduli

LAKUKANLAH KEBAIKAN DENGAN KEIHKLASAN YANG TULUS

SETIAP KEPEDULIANMU AKAN SELALU MEMBUAT DADAMU SERASA PENUH

Kepedulian & niat untuk berbagi akan membuat batin kita selalu bahagia & tentram.

Selasa, 23 Januari 2018

4 TAHAPAN

 4 Tahap Menuju Nikmatnya Tilawah (๐Ÿ“–Membaca al-Quran) :
-------------------------------------
✨ DIPAKSA
--------------------
Paksakan diri untuk terus bisa Tilawah tiap hari, suka atau tidak, ringan ataupun berat, cepat atau lambat asal jangan terlewat..
terus paksakan diri...

✨ KEBIASAAN
------------------------
Beberapa bentuk paksaan akan berubah menjadi 'kebiasaan'.
Kita akan merasa aneh jika tidak tilawah sehari saja.

✨ KEBUTUHAN
--------------------------
Kebiasaan yg terus di lakukan akan berubah menjadi 'kebutuhan'.
Di tahap ini sudah mulai tumbuh benih-benih cinta tilawah, akan merasa rugi jika tidak bisa tilawah

✨ KENIKMATAN
---------------------------
Pada tahap ini tilawah sudah menjadi 'candu'. tilawah berlama lama adalah 'kenikmatan'.
Sedangkan ketika terlewat tidak bisa tilawah akan membuat diri resah.

Yang perlu kita lakukan adalah 'istiqomah' dan  mengajak, memotivasi diri dan saudara2 lainnya untuk terus semangat dalam tilawah agar mereka pun dapat merasakan nikmatnya bertilawah..

INGAT..! Kebaikan itu seperti pantulan bola, semakin semangat kita memantulkannya kepada yang lain, maka akan semakin kencang semangat yg akan kita terima.

Kita sudah ditahap mana..?

๐Ÿ“ƒ Ustadz Abdullah Zen, MA hafidhahullah

BERPIKIR APA

ุญุฏุซู†ุง ู…ุญู…ุฏ ุจู† ุฃุจูŠ ูŠุนู‚ูˆุจ ุงู„ูƒุฑู…ุงู†ูŠ ุญุฏุซู†ุง ุญุณุงู† ุญุฏุซู†ุง ูŠูˆู†ุณ ุญุฏุซู†ุง ู…ุญู…ุฏ ุนู† ุฃู†ุณ ุจู† ู…ุงู„ูƒ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ู‚ุงู„ ุณู…ุนุช ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆ ุณู„ู… ูŠู‚ูˆู„ ู…َู†ْ ุณَุฑَّู‡ُ ุฃَู†ْ ูŠُุจْุณَุทَ ู„َู‡ُ ูِูŠ ุฑِุฒْู‚ِู‡ِ ุฃَูˆْ ูŠُู†ْุณَุฃَ ู„َู‡ُ ูِูŠ ุฃَุซَุฑِู‡ِ ูَู„ْูŠَุตِู„ْ ุฑَุญِู…َู‡ُ - ุจุฎุงุฑูŠ . Telah menceritakan kepada kami dari Muhammad Bin Abi Ya’kub Al-Kurmani Dari Hasan Dari Yusuf , Muhammad bin Zuhri Anas bin Malik berkata : "Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda: Barang siapa yang ingin dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung tali silaturahmi". ( HR Bukhari) . Terima kasih kepada Ma'had Tahfidz Al-Qur'an Daarul Firdaus yang telah bersedia meluangkan waktunya untuk menjalin persaudaraan dengan Rohis An-Naafi'. Semoga niatan dan amal baik kita semua diterima Allah SWT aamiin yaa robbal 'alaamiin. . Dan semoga kedepannya Rohis An-Naafi' semakin banyak menjalin persaudaraan dengan rohis-rohis maupun organisasi-organisasi lainnya. Aamiin.

Minggu, 14 Januari 2018

BISMILLAH KAJIAN KEPUTRIAN #3

Keputrian #3
Sesungguhnya Allah menyediakan banyak amalan ibadah yang bisa dilakukan oleh kaum wanita sehingga kelak akan menjadi wanita yang dirindukan surga"

Lantas, amalan apa sajakah itu ?

Temukan jawabannya di Keputrian #3 Special Edition pada :

          Jumat, 19 Januari 2018
          11.45-12.30 WIB
          Ruang Meeting SMAN 1 Sewon
          - Free entry
          - Free snack
          - Free stickers

For more information cek poster dan follow instagram @rohisannaafi

CINTA DALAM DIAM

Keputrian # 2
Tema : CINTA DALAM DIAM oleh Annisa Kikifu, alumni smase

❣ Definisi Cinta vs Nafsu
▪CINTA itu fitrah, cinta itu suci
▪Nafsu itu buru-buru, nafsu itu cuma pengen aja dan sesaat

❣Pacaran itu cinta atau nafsu?
Pacaran itu jelas NAFSU
Saat pacaran, dia hanya akan melihat yang baik baik doang. Kalo ada yang bilang "Kak aku pacarannya gak ngapa-ngapain kok". Lantas pertanyaannya "Ngapain pacaran kalau gak ngapa-ngapain?"

❣Jomblo itu.....
Jomblo itu bukannya gak laku. Jomblo itu pilihan. Pilihan untuk taat pada Allah SWT๐Ÿ’•

❣Kisah Cinta Ali dan Fatimah yang bikin baper

๐ŸƒSuatu hari Rasulullah dilempari batu oleh kaum Quraisy dan dilihat oleh Fatimah kecil. Fatimah kecil dengan berani menantang kaum Quraisy. Fatimah gak terima bapaknya dilemparin batu sampe berdarah-darah. Kejadian itu disaksikan oleh Ali kecil. Ali kagum dan langsung jatuh cinta pada Fatimah kecil. Tanpa disadari, Fatimah juga menyukai Ali kecil. Mereka saling memendam rasa hingga keduanya beranjak dewasa.

๐ŸƒAli tumbuh menjadi pemuda yang gagah, tampan dan berani. Ali seorang pemuda yang cerdas yang disayangi Rasulullah. Fatimah juga tumbuh menjadi gadis cantik jelita yang pandai seperti ayahnya. Kecantikan dan kepandaiannya membuat Abu Bakar, Utsman dan para pemuda ingin melamarnya. Namun, tak satupun lamaran diterima Fatimah.

๐ŸƒKetika Ali yang melamarnya, Fatimah langsung menerimanya. Mereka pun menikah dan sah menjadi suami istri.

๐ŸƒKetika malam pertama, Fatimah berkata pada Ali "Ali aku ingin bicara padamu. Tapi kau janji jangan marah ya?" . Ali menjawab "Aku tidak marah Fatimah. Kita sekarang sudah menjadi suami istri. Katakanlah."
Fatimah berkata "Wahai Ali, sesungguhnya aku pernah mencintai seorang pemuda". Ali tertunduk. Raut wajahnya jelas menampakkan kesedihan. Ali berpikir kalau dia bukan cinta pertama Fatimah.

๐ŸƒFatimah melanjutkan "Aku memang mencintainya Ali. Aku mencintai pemuda itu. Dan pemuda itu adalah kau" .
Itulah salah satu cerita cinta. Cinta yang suci.

❣Bagaimana kalau kita jatuh cinta?
Syukuri saja karena cinta memang fitrah. Namun tetap ada konsekuensinya
▪Jangan Pacaran!
▪Jangan diumbar-umbar
▪Fokus dan alihkan ke hobby

❣Question of The Day

๐ŸŒธApakah dosa pacaran itu lebur saat sudah menikah?
Zina itu dosanya ngalir. Kita harus tetep bertaubat dan berharap ampunan pada Allah

๐ŸŒธBagaimana kalau kita menyebut nama DOI dalam doa kita padahal kita belum tahu siapa jodoh kita?
Doanya yang bener gini
"Ya Allah jodohkan aku dengan orang yang Engkau ridhoi di waktu yang tepat dan dalam keadaan yang benar-benar beriman kepada-Mu"

๐ŸŒธApakah saya boleh menghindari dan sedikit membenci dia untuk menghilangkan rasa?
Boleh selama hal itu benar benar mengganggu pikiran kita. Minta tolong sama Allah. Pasti dibantu.

๐ŸŒนCINTA ITU MENJAGA BUKAN MENODAI-Annisa Kikifu

Galery 
Keputrian
keputrian

keputrian

Sabtu, 13 Januari 2018

MARI BERDOA

ุงู„ุณَّู„ุงَู…ُ ุนَู„َูŠْูƒُู…ْ ูˆَุฑَุญْู…َุฉُ ุงู„ู„ู‡ِ ูˆَุจَุฑَูƒَุงุชُู‡ُ

Semoga pagi ini kita & keluarga tetap dalam kebaikan serta dalam lindungan Allah Ta'ala. Semoga juga kita tetap istiqomah di atas jalan Hidayah Allah. Aamiin

Mari pagi ini kita awali dengan membaca : Bismillah

ุงَู„ู„َّู‡ُู…َّ ุฅِู†ِّูŠْ ุฃَุณْุฃَู„ُูƒَ ุนِู„ْู…ًุง ู†َุงูِุนًุง، ูˆَุฑِุฒْู‚ًุง ุทَูŠِّุจًุง، ูˆَุนَู…َู„ุงً ู…ُุชَู‚َุจَّู„ุงً
Allahuma innii as aluka 'ilmaan naa fi'aan wa rizqoon thoyyibaan wa 'amalaan mutaqobbalaa

"Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadaMu ilmu yang bermanfaat, rizki yang halal dan amal yang diterima." [HR. Ibnu Majah dan ahli hadits yang lain. Lihat kitab Shahih Ibnu Majah 1/152 dan Majma'uz Zawaaid 10/11

TABBAYUN

Jgn suka suudhon
Alangkah baik nya tabbayun dulu

Kisah Hasan al-Bashri
Suatu hari di tepi sungai Dajlah, Hasan al-Basri melihat seorang pemuda duduk berdua-duaan dengan seorang perempuan.

Di sisi mereka terletak sebotol arak. Kemudian Hasan berbisik dalam hati, “Alangkah buruk akhlak orang itu dan alangkah baiknya kalau dia seperti aku!”

Tiba-tiba Hasan melihat sebuah perahu di tepi sungai yang sedang tenggelam. Lelaki yang duduk di tepi sungai tadi segera terjun untuk menolong penumpang perahu yang hampir lemas karena karam.

Enam dari tujuh penumpang itu berhasil diselamatkan.

Kemudian dia berpaling ke arah Hasan al-Basri dan berkata,

“Jika engkau memang lebih mulia daripada saya,

maka dengan nama Allah, selamatkan seorang lagi yang belum sempat saya tolong.

Engkau diminta untuk menyelamatkan satu orang saja, sedang saya telah menyelamatkan enam orang.”

Bagaimanapun Hasan al-Basri gagal menyelamatkan yang seorang itu.

 Maka lelaki itu bertanya padanya. “Tuan, sebenarnya perempuan yang duduk di samping saya ini adalah ibu saya sendiri,

sedangkan botol itu hanya berisi air biasa, bukan anggur atau arak.”

Hasan al-Basri tertegun lalu berkata,

 “Kalau begitu, sebagaimana engkau telah menyelamatkan enam orang tadi dari bahaya tenggelam ke dalam sungai,

maka selamatkanlah saya dari tenggelam dalam kebanggaan dan kesombongan.”

Lelaki  itu menjawab, “Mudah-mudahan Allah mengabulkan permohonan tuan.”

Semenjak itu, Hasan al-Basri semakin dan selalu merendahkan hati bahkan ia menganggap dirinya sebagai makhluk yang tidak lebih daripada orang lain

Jumat, 12 Januari 2018

FUTSAL BARENG

Rohis An Naafi -Adz-Dzikri Tirto

Riyadhoh Futsal bersama Rohis An-Naafi' Smase dan Rohis Adz-Dzikri Tirto

“Orang mu’min yang kuat adalah lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah daripada orang mu’min yang lemah..." (HR Muslim)
Jazakumullahu khair temen-temen Rohis An-Naafi' dan Rohis Adz-Dzikri yang telah ikut. Semoga di kegiatan-kegiatan selanjutnya bisa ikut kembali, dan yang belum ikut, diizinkan oleh Allah untuk ikut.

Untuk teman-teman Rohis An-Naafi' lainnya, nantikan kegiatan-kegiatan semacam ini. Jangan lupa, jika ada agenda seperti ini, diusahakan untuk ikut

Jumat, 05 Januari 2018

Keputrian #2 Gaya berpakaian



Jum'at, 5 Januari 2018M | 18 Rabi'ul Akhir 1439H
Oleh Fitri Astuti, S.Pd (Divisi Religi YBRB)
.
๐Ÿ’– Pakaian yang disukai Allah adalah pakaian Syar'i
.
๐Ÿ’– Pakaian seorang muslimah yg benar :
- Menutupi dada (QS. An-Nur : 31)
- Longgar dan tidak transparan
- Menutup kaki
- Khimar (kerudung)
- Mihnah (pakaian didalam rumah)
- Jilbab (kain yg menutupi/baju karung)
.
๐Ÿ’– ada juga nih, Kriteria Pakaian Syar'i :
Harus menutupi seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan (QS. Al-Ahzab : 59)
Tidak tipis, tidak transparan, dan longgar
Rasulullah SAW bersabda yang artinya, ".....Kepala-kepala mereka seperti punuk-punuk unta yang berlenggak-lenggok. Mereka tidak akan masuk surga dan tidak mencium bau wanginya. Padahal bau wangi surga itu tercium dari jarak perjalanan sekian dan sekian waktu (jarak jauh sekali)" (HR. Muslim dan yang lain)
Tidak boleh menyerupai laki-laki/perempuan atau nonmuslim
"Barangsiapa menyerupai suatu kaum maka ia termasuk bagian dari mereka" (HR. Abu Dawud, hasan)
Bukan merupakan pakaian Syuhroh
Apa itu Pakaian Syuhroh Pakaian Syuhroh ialah pakaian yg jarang dikenakan oleh kaum muslimin atau ketika dipakai akan menjadi pusat perhatian (terlalu mewah/lucu/dll) dan membuat seseorg yg mengenakan akan jd tekenal.
๐Ÿ”ฅ Hukum mengenakan pakaian syuhroh adalah Allah akan mengenakan pakaian kehinaan padanya pada hari kiamat dan membakarnya dengan api neraka.
Tidak terdapat gambar makhluk yang bernyawa
"Sesungguhnya manusia yang paling berat siksaannya pada hari kiamat adalah yang menyerupakan ciptaan Allah" (HR. Bukhari, Muslim)
Kita tidak akan pernah mencapai sempurna itu sendirian, maka capailah sempurna itu dalam jama'ah ~ Mbak Fitri Astuti๐Ÿ˜Š

Galery : 
1

2

3

4

Rabu, 03 Januari 2018

LIBURAN BERFAEDAH

mading
Anak-anak rohis SMASE saat liburan melakukan beberapa kegiatan. Kegiatan BBM (Bersih2 Masjid) dan pembuatan Mading . Kegiatan tersebut dilakukan dengan penuh semangat. Terbukti Mading yang dibuat  sudah jadi. Dan memperindah Masjid yang ada Di SMA N 1 Sewon. 

RENUNGKANLAH

Aku bukanlah anak yang mengucapkan "Happy Mother's Day" rutin setiap tanggal 22 Desember, tapi aku adalah anak yang mengucapkan ;

ุงَู„ู„ّู‡ُู…َّ ุงุบْูِุฑْู„ِูŠْ ูˆَู„ِูˆَุงู„ِุฏَูŠَّ ูˆَุงุฑْุญَู…ْู‡ُู…َุงูƒَู…َุงุฑَุจَّูŠَุงู†ِูŠْ ุตَุบِูŠْุฑَุง

"Alloohummaghfirlii waliwaalidayya war hamhumaa kama rabbayaanii shagiiraa".

Terjemahan : "Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan Ibu Bapakku, sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil".

Di setiap doa ku...

Setiap Hari adalah Hari Ibu, karena kasih sayangnya mengalir tak kenal waktu... ❤

KEPUTRIAN #2

POSTER
Assalamu'alaikum Wr.Wb
Ada pengumuman penting nih !!! Eitss khusus untuk akhwat ya ๐Ÿ˜‰

Alhamdulillah karena keputrian bulan November 2017 lalu mendapat respon yang baik dari teman-teman sholehah semuanya, maka Rohis An-Naafi' akan mengadakan kembali Keputrian #1 pada :
           Jumat, 5 Januari 2018
           11.45-12.30
           XI MIPA 4 SMAN 1 Sewon

For more information cek poster dan follow instagram @rohisannaafi

Wassalamu'alaikum Wr.Wb

RENUNGAN HARI INI

" Harta kita itu adalah apa yang kita bagikan ...
Kalau yang kita simpan itu justru harta orang lain ... Karena saat kita meninggalkan dunia ini, harta itu akan langsung berpindah tangan kepada ahli waris dan tidak bermanfaat untuk yang meninggal ... Padahal seumur hidup kita kerja keras mengumpulkan harta tsb

๐Ÿ˜ญ Meninggal itu ternyata tidak membawa apa-apa ... Hanya selembar kain kafan berlapis tiga dengan diikat tali ...

๐Ÿ˜ญ Tidak memiliki kantung untuk menaruh uang apalagi ATM yang dipersiapkan untuk memberi tips malaikat ...

๐Ÿ˜ญ  Tak ada kantung untuk menyelipkan kartu nama orang penting biar jalan menuju surga mulus ...

 ๐Ÿ˜ญ Tak dapat dimodifikasi model ala-ala hijab syari yang modis ... hanya boleh satu model aja ... yakni Pocong ...

๐Ÿ˜ญ  Meski baju tiga lemari, Tidak bisa satupun dipakai / dibawa untuk ganti baju ...

๐Ÿ˜ญ Meski punya tanah/rumah dimana-mana, tetap saja harus tinggal di dalam kubur...

 ๐Ÿ˜ญ Meski memiliki deposito banyak di bank, tidak bisa dicairkan di dalam kubur ...

 ๐Ÿ˜ญ  Meski punya banyak mobil mewah, tetap saja pergi ke kubur naik keranda ...

 ๐Ÿ˜ญ  Meski punya gadget mahal dengan camera editor yang keren, tetap saja tidak bisa buat selfie dalam kubur ...

 ๐Ÿ˜ญ SEMUA DITINGGALKAN ...

Dan sayangnya, Meninggal itu tidak bisa direncanakan ... tidak bisa ditentukan tanggalnya ... Bisa nanti, bisa besok, bisa lusa ... bisa kapan aja ... Semua tergantung kehendak Allah Subhanallahu Wa Ta'ala

Sementara harta kita yang sesungguhnya masih sangat sedikit, karena kita terlalu sibuk mengumpulkan harta yang dipersiapkan untuk orang lain ...

Saudaraku ...
Marilah bersama2 kita kumpulkan harta kita pada BANK SEMESTA milik Allah Subhanallahu Wa Ta'ala ...