Minggu, 05 November 2017

LAKUKAN 4 PERKARA DAN JAUHI 4 PERKARA


PENGAJIAN SMASE
Pengajian 3 bulanan SMA Sewon pada bulan ini dilakukan di rumah Bpk. Drs Sumiyono, M.Pd. Alhamdulillah kami dari Rohis An-naafi mendapatkan 2 tugas. Pertama, bertugas menghibur jamaah dengan penampilan hadroh dan tugas kedua, menjadi  petugas yang membaca Al-Qur'an. Alhamdulillah kami sangat senang ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Karena semakin banyak tampil akan melatih jam terbang dan pengalaman kami dalam menghibur jamaah. Kegiatan berlangsung jam 10.00-12.00 WIB. Kegiatan pengajian diisi oleh Bp KH. Muhammad Fauzan. Beliau memberikan siraman Rohani mengenai orang-orang yang selamat di dalam kubur. 

Adapun amalan-amalan sebagai penyelamat kita dari adzab kubur yang disampaikan beliau adalah sebagai berikut :
Mengerjakan 4 perkara
pertama melaksankan sholat lima waktu
kedua sedekah semampu kita
ketiga membaca Alquran semampunya
keempat membiasakan bacaan tasbih 

Meninggalkan 4 perkara
pertama  perkara dusta
kedua fitnah, tumbak cucukan istilah jawanya (adu-adu)
ketiga khianat
keempat  menjaga najis kencing dan aurotnya

Adapun dalil-dalil yang digunakan adalah sebagai berikut :

Melaksankan Sholat
Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Membiasakan membaca Tasbih
Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: Artinya: “Barangsiapa yang mengucapkan: SUBHANALLAHI WABIHAMDIH (Maha suci Allah dan dengan segala pujian hanya untuk-Nya) sehari 100 (seratus) kali, maka kesalahan-kesalahannya akan diampuni (Allah) walaupun sebanyak buih di lautan.” (HR. Imam Al-Bukhari)

Sedekah
Puasa dan sedekah merupakan salah satu meraih surganya Allah. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bertanya,“Siapakah di antara kalian yang berpuasa hari ini?” Abu Bakar menjawab,“Saya ya Rasulullah." Rasul kembali bertanya,“Siapa di antara kalian yang hari ini mengantar orang yang meninggal dunia?” Abu Bakar kembali menjawab,“Saya ya Rasulullah.” Rasulullah SAW bertanya lagi,“Siapa di antara kalian yang hari ini bersedekah?” Abu Bakar menjawab,“Saya." Rasulullah bertanya kembali,“Siapa di antara kalian yang hari ini menjenguk orang sakit?” Abu Bakar kembali menjawab,“Saya ya Rasulullah.” Rasulullah SAW kemudian bersabda,“Siapa yang melakukan amalan di atas dalam satu hari, maka baginya surga.” Demikianlah, sedekah dan puasa merupakan dua hal penting untuk meraih surga.

Perkara-perkara Penyebab Adzab Kubur
Al-Hafizh Ibnu Rajab Al-Hanbali rahimahullahu menyatakan: “Sebagian ulama menyebutkan rahasia dikhususkannya (penyebab adzab kubur) air kencing, namimah (adu domba), dan ghibah (menggunjing). Rahasianya adalah bahwa alam kubur itu adalah tahap awal alam akhirat. Di dalamnya terdapat beberapa contoh yang akan terjadi pada hari kiamat, seperti siksaan ataupun balasan yang baik. Sedangkan perbuatan maksiat yang akan disiksa karenanya ada dua macam: terkait dengan hak Allah Subhanahu wa Ta’ala dan terkait dengan hak hamba. Hak-hak Allah Subhanahu wa Ta’ala yang pertama kali akan diselesaikan pada hari kiamat adalah shalat, sedangkan yang terkait dengan hak-hak hamba adalah darah.
  
Semoga Allah Ta’ala meneguhkan keimanan kita dan senantiasa melimpahkan hidayah, taufiq, dan ‘inayahNya kepada kita sehingga kita bisa mengamalkan empat nasehat tersebut. Aamiin


Galery Kegiatan Pengajian 

pembicara

hiburan hadroh
suasana pengajian

0 komentar:

Posting Komentar