Kamis, 16 Februari 2017

KULTUM TENTANG ALQURAN

GENERASI  QURAN  HARAPAN BANGSA

Assalamu’alaikum Wr.Wb
Dewan juri yang kami hormati
Hadirin yang berbahagia
Puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah Ta’ala, tuhan yang maha pengasih lagi maha penyayang, Tuhan Yang Maha Mengetahui, dan Dialah Allah Tuhan Yang telah mengajarkan manusia dengan perantaraan kalam, yang sampai pada saat ini, masih memberikan kekuatan lahir dan bathin kepada kita, sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini untuk saling bersilaturahmi.
Sholawat bertangkaikan salam senantiasa kita kirimkan kepada seorang hamba Allah, anggun kepribadiannya, halus budi pekertinya, ia sanggup mengubah tatanan hidup manusia, dari kejahiliyaan sampai pada masa yang penuh dengan peradaban, yaitu nabi Muhammad SAW. 
Dalam kultum kali ini saya akan menyampaikan tema yang berjudul
Membangun Generasi Qur’an Harapan Bangsa
Dewan hakim yang bijaksana hadirinyang berbahagia

Islam adalah agama yang menyelamatkan, ia menyelamatkan manusia dari segala bentuk penyimpangan mengajak umatnya untuk membangun masyarakat yang selamat dari segala penyakit. Oleh sebab itu islam sangat memperhatikan pendidikan keluarga, ketahuilah, keluarga adalah unsure pertama dan utama bagi terbentuknya masyarakat. Tidak ada masyarakat jika tidak ada kumpulan keluarga yang terikat dalam tatanan sosial. Jika unsur keluarganya baik maka masyarakatnya baik, dan jika keluarganya jelek maka masyarakatnyapun menjadi jelek. 
Tidak diragukan bahwa alquran merupakan sumber ilmu yang mengandung pengetahuan yang luas. Cukuplah bagi kita  mengetahui isi Alquran.
Allah berfirman dalam surat Albaqorah ayat 2
ذَٰلِكَ الْكِتَابُ لَا رَيْبَ  فِيهِ  هُدًى لِلْمُتَّقِينَ
Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa

Hanya dengan keimanan dan  ketaqwaan sajalah, bangsa kita akan menjelma menjadi bangsa yang besar, yang disegani oleh semua bangsa-bangsa lain dan akan menjadi bangsa yang adil makmur. Generasi Muda yang berilmu dan cinta Al Quran adalah upaya riil yang harus segera kita bangkitkan untuk kebangkitan bangsa kita

Dan Allah berfirman dalam surat anhl ayat 89
“Dan kami turunkan padamu al quranuntuk menjelaskan segala sesuatu petunjuk, rahmat, dan kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri.”

Dan di pertegas kembali dalam surat al Isra’ ayat 12, Allah berfirman
وَكُلَّ شَيْءٍ فَصَّلْنَاهُ تَفْصِيلًا
Dan segala sesuatu telah Kami terangkan dengan jelas.

Demikian kultum yang saya samapaikan, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Wabillahi Taufiiq Wal Hidaayah 
Wassalaamu’alaikum Wr.Wb

0 komentar:

Posting Komentar